Keuangan

Cara Mengatur Keuangan Agar Terhindar dari Hutang

Kebanyakan orang pasti memikirkan bagaimana caranya bisa berhutang untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Dengan berhutang, satu masalah akan bisa teratasi saat itu. Hanya saja akan terjadi masalah lainnya yang akan mengganggu keuangan pribadi.

Pembayaran hutang yang memiliki bunga tinggi, terganggunya belanja harian atau bulanan, dan masalah lainnya. Sebelum terlanjur berhutang karena sesuatu yang mendesak tersebut, ada baiknya mempersiapkan dan mengatur finansial pribadi.

Sebenarnya ada cara sederhana agar Anda bisa menghindari hutang dan bisa siap dalam menghadapi kebutuhan mendesak. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun untuk terhindar dari berhutang.

1. Buat Daftar Pendapatan dan Beban

Pendapatan setiap bulannya normalnya lebih besar dari pengeluaran yang dilakukan. Ketika mengetahui seberapa besar pendapatan dengan beban tersebut membuat siapapun akan berpikir untuk menahan pengeluaran.

Jika beban pengeluaran lebih besar, pastinya akan membuat hutang menumpuk. Untuk mengatasinya, pastinya dengan mengurangi beban pengeluaran. Terutama untuk pengeluaran yang bersifat konsumtif.

2. Buat Anggaran Belanja Bulanan

Anggaran bulanan ini dimaksudkan untuk mengelola keuangan sesuai dengan kebutuhan. Anggaran ini bisa memperbaiki kebiasaan yang tidak baik. Seperti belanja sesuatu yang tidak dibutuhkan, terlalu boros, dan lain sebagainya.

Jika anggaran yang dilakukan sudah baik, tetap terjadi masalah, maka harus ada peningkatan penghasilan. Caranya dengan mencari usaha sampingan. Jangan hanya mengandalkan hutang yang pastinya akan semakin membebani. 

keuangan pribadi

3. Berhemat dalam Berbelanja

Berbelanjalah yang hemat dengan mencari harga paling murah. Manfaatkanlah berbagai macam promo yang disediakan oleh berbagai toko. 

Hal ini bisa dilakukan dengan mudah dengan berbelanja di online shop. Berbelanja secara online akan mengurangi berbagai biaya yang tidak terduga. Seperti buat beli bensin, makan, jajan es, dan lain sebagainya.

4. Menabung dan Berinvestasi

Sebisa mungkin untuk menabung dari penghasilan setiap bulannya, minimal 10% dari total penghasilan. Adanya tabungan ini akan memberikan dana cadangan di masa depan. Karena secara berangsur-angsur tabungan akan terus bertambah.

Dana tabungan ini akan lebih mudah dicairkan. Dengan demikian pastinya akan lebih mudah untuk digunakan sebagai dana darurat.

Cara lainnya adalah dengan berinvestasi. Sekarang ini banyak platform untuk investasi yang sangat mudah digunakan. Salah satu jenis investasi yang bisa dilakukan dengan modal kecil dan menguntungkan adalah reksadana.

Reksadana juga sangat likuid, artinya bisa dicairkan dengan mudah. Instrumen investasi ini memiliki risiko yang relatif kecil, dan menguntungkan. Semakin lama jangka waktu yang digunakan, maka semakin besar keuntungan yang didapatkan.

5. Mencari Tambahan Penghasilan

Langkah agar tidak terjerat hutang tentunya juga mencari tambahan penghasilan. Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menambah penghasilan. Salah satunya dengan ikut jualan dengan online shop.

Tidak perlu ada keahlian khusus untuk berjualan di online shop. Anda bisa menjadi dropshipper atau juga reseller.

Anda juga bisa menjadi freelancer dengan memanfaatkan keahlian yang dimiliki. Seperti fotografer, penulisan, desain, dan lain sebagainya.

6. Ada Target Keuangan di Masa Depan

Adanya target membuat seseorang memiliki prioritas dalam mengelola keuangannya. Target-target seperti biaya pendidikan anak, renovasi rumah, dan lain sebagainya.

Pastinya prioritas tersebut membuat Anda akan lebih berhemat. Selain itu juga akan meluangkan beberapa persen dari penghasilan yang didapatkan.

Itulah cara mengatur finansial pribadi agar bisa terhindar dari hutang. Tidak terbebani hutang akan membuat siapapun bisa lebih nyaman dalam bekerja dan lebih produktif.