personal

Penyebab Kenapa Kamu Tak Kunjung Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Sudah lulus kuliah tentunya Anda akan menghadapi tahap kehidupan yang baru, yaitu dunia kerja. Sesudah memperoleh ijazah dan gelar sarjana, memperoleh pekerjaan yang cocok menjadi impian semua orang. Apabila telah memiliki bekal ilmu yang banyak untuk bekerja, termasuk ijazah, maka bisa mendukung Anda mendapatkan pekerjaan yang tepat sesuai dengan keahlian. 

Namun, setelah Anda lulus apakah mencari pekerjaan menjadi hal yang mudah Anda dapatkan? Faktanya, menganggur sesudah lulus kuliah sangat banyak dialami oleh mahasiswa yang sudah lulus kuliah, mungkin salah satunya yaitu Anda. Mencari pekerjaan tidak bukanlah hal yang mudah, bahkan walaupun telah melamar dan mengikuti banyak wawancara itu perusahaan. Tetap saja, semuanya tidak semudah yang Anda harapkan. 

Hingga saat ini masih banyak sekali fresh graduate yang sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan. Nah, dari banyaknya lamaran tersebut, tentu saja yang diterima pasti ada, tetapi yang tertolak pun jauh lebih banyak lagi. Selain itu, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan sesudah lulus kuliah tidak kunjung memperoleh pekerjaan, sebagian diantaranya bahkan dapat pula tidak Anda sadari. Di bawah ini faktor penyebab susah menjadi pekerjaan yang perlu Anda ketahui. 

1. Tidak aktif mencari lowongan pekerjaan 

Karena internet telah mempermudah semua ini, ada banyak informasi lowongan pekerjaan yang dapat diakses. Namun bila Anda tidak aktif dan tidak dapat menggunakan sumber tersebut dengan baik, bukan tidak mungkin Anda akan menyadari bahwa Anda menganggur setelah lulus. 

Bahkan bila Anda belum mendapatkan gelar, Anda harus mencari dan menemukan informasi ini di dunia kerja  sejak awal. Ini akan memberi Anda gambaran yang nyaman dan mudah dipahami sehingga Anda tidak akan bingung mencari pekerjaan setelah lulus.

2. Tidak memiliki pengalaman kerja 

Sebagian besar perusahaan mencari pegawai baru yang berpengalaman, khususnya ketika mereka perlu mengganti pegawai yang resign dari perusahaan. Untuk yang baru saja menyelesaikan studi dan belum mempunyai pengalaman kerja, tentunya hal ini menjadi kendala dalam berburu pekerjaan. Namun pada kenyataannya, Anda dapat mencari pengalaman kerja saat masih kuliah, misalnya freelance, kerja paruh waktu dan lainnya. 

3. Lowongan kerja tidak banyak 

Banyak sekali sarjana lulus setiap tahun di Indonesia, mengingat puluhan perguruan tinggi telah siap menghasilkan sarjana tersebut. Tetapi hal yang sama belum tercapai di dunia kerja yang sangat sempit. Anda akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan lulusan lain untuk daftar pekerjaan yang terbatas ini. Untuk melakukan ini, dapatkan keterampilan yang memenuhi syarat bisa membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan. 

4. Tidak mempunyai relasi 

Memang belajar haruslah dengan giat dan rajin, namun tidak berarti Anda harus menghabiskan seluruh waktu hanya untuk membaca cukup yang akhirnya lupa untuk berorganisasi saat masih menjadi mahasiswa. Sebab hal ini dapat membantu Anda untuk membangun relasi yang kuat jika sudah lulus kuliah. 

Fokus dengan mata kuliah memang harus, tetapi penting juga untuk membangun relasi yang luas saat masih awal kuliah. Apabila Anda tidak mempunyai relasi, maka masalah memperoleh pekerjaan dapat pula menjadi hal yang sangat susah untuk dilakukan. 

5. Tidak memiliki rencana bekerja 

Dunia kampus dan kerja sangat berbeda. Namun, mungkin Anda bahkan tidak memikirkannya. Sebagian besar mahasiswa memiliki nilai sangat baik atau biasa-biasa saja dan hanya fokus ke program untuk lulus dari perguruan tinggi. Sementara itu, sesudah lulus kuliah, Anda bahkan mungkin tidak mempunyai pengetahuan untuk memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

6. Mudah menyerah 

Untuk mahasiswa yang merantau, tidak masalah bila mereka kembali ke kampung halaman sesudah lulus dan tinggal di kampung halaman bila mereka menemukan pekerjaan yang cocok. Atau setidaknya Anda dapat membangun bisnis yang bisa menghasilkan pendapatan. Tetapi setelah lulus, bagaimana Anda mencari pekerjaan bila Anda pulang ke rumah dan mengetahui bahwa Anda tidak melakukan apa-apa?

7. Tak ada inisiatif berwirausaha 

Melihat ketatnya rekrutmen, wajar jika setelah lulus kuliah akan sulit mendapatkan pekerjaan. Bila Anda tidak dapat menemukan pekerjaan di perusahaan, yang terbaik adalah menjadi pengusaha. Namun, bila Anda tidak ingin mengambil langkah ini, Anda pasti akan kehilangan pekerjaan sesudah  lulus. Lebih baik memiliki jiwa wirausaha mencari peluang lain yang lebih baik daripada menghabiskan waktu bermalas-malasan.

8. Informasi pekerjaan sangat sedikit 

Kebanyakan, tapi tidak semuanya, mahasiswa kurang memikirkan dunia kerja. Bahkan jika Anda mencoba untuk lulus dari sekolah menengah. Kurangnya informasi tentang dunia kerja pastinya dapat menjadi penyebab pengangguran Anda. Apalagi bila Anda tidak memperoleh informasi apapun mengenai dunia kerja dari kampus atau lainnya saat kuliah. Bersiaplah bila Anda kuliah memperoleh pekerjaan tidak mudah mengingat Anda menghadapi banyak persaingan di sana.