Utang

Tips Terhindar Dari Pinjaman Online Ilegal

Saat ini banyak sekali sekali spam SMS atau chat WhatsApp yang menawarkan pinjaman online yang menggiurkan. Selain itu, mereka juga memberikan pinjaman dengan nominal yang cukup besar. Bila Anda pernah mendapatkan pesan seperti itu, ada baiknya selalu waspada, karena hal ini bisa menjadi salah satu modus dari lembaga pinjaman online ilegal yang saat ini sedang marak di Indonesia. 

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman online  harus waspada untuk menghindari penipuan yang bisa merugikan Anda nantinya. Lalu, bagaimanakah tips untuk bisa menghindar dari pinjaman online ilegal? Mari simak ulasannya berikut ini.

  • Lembaga pinjaman terdaftar di OJK 

Tips pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengecek apakah lembaga pinjaman tersebut terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Anda bisa mengecek nya di website resmi dari OJK yaitu ojk.go.id. Hal ini perlu Anda lakukan agar tidak tertipu oleh lembaga yang memberikan izin palsu. 

OJK sendiri memiliki pengawasan yang ketat terhadap lembaga pinjaman online, khusus nya untuk pinjaman online ilegal yang saat ini semakin menjamur. 

Salah satu pinjaman online yang terdaftar di OJK adalah Tunaiku. Anda bisa mengajukan pinjaman dan cek simulasi Tunaiku di aplikasi Android dan Iphone.

  • Tidak tergiur pinjaman cepat cair 

Biasanya pelaku pinjaman online ilegal ini banyak memiliki cara untuk menjerat para calon nasabahnya agar melakukan pengajuan pinjaman uang kepada mereka, salah satu caranya yaitu dengan memberikan dana yang cepat cair, bunga yang rendah dan penawaran menarik lainnya. 

Sebab dengan adanya penawaran tersebut mungkin saja bisa menarik perhatian calon nasabah. Selain itu, biasanya calon nasabah yang sudah tergiur dengan iming-iming tersebut tidak akan membaca kontrak dengan baik, mereka langsung menyetujui nya saja. Nah, itulah yang menjadi kesempatan pihak pinjaman online ilegal untuk menjerat Anda. 

  • Waspada iklan yang mencolok 

Saat ini iklan pinjaman online ilegal sudah banyak di seluruh sosial media. Biasanya pinjaman online ilegal akan membuat iklan yang sangat menarik untuk memikat calon nasabahnya. Untuk itu, Anda harus waspada dengan iklan pinjol yang dirasa sangat mencolok, khususnya pada penawaran yang akan mereka berikan. 

Tidak hanya di sosial media saja, mereka juga biasanya membuka stand di mall maupun di tempat-tempat ramai lainnya yang banyak dikunjungi oleh orang-orang dan melancarkan aksi nya dengan mendatangi orang-orang untuk mengajukan pinjaman online. 

  • Pilih lembaga terpercaya 

Walaupun sekarang ini banyak sekali akses pinjaman uang cepat cair dengan proses yang mudah, namun tidak berarti Anda sembarangan memiliki lembaga keuangan. Anda wajib untuk mengetahui lembaga tersebut sudah terpercaya atau tidak. Pilihlah lembaga yang sudah terpercaya agar Anda terhindar dari pinjaman online ilegal. 

Selain itu, hal yang harus Anda ketahui juga yaitu apakah Anda mampu untuk membayar bunga yang telah sepakati dan menerima resiko yang harus Anda tanggung jika tidak bisa membayar pinjaman beserta bunganya. Sebab, jika Anda tidak mampu untuk menanggung semua resiko tersebut, akan ada denda yang besar dan bunga yang menumpuk yang harus Anda bayar. Oleh karena itu, Anda harus bisa memastikan lagi jika ingin melakukan pengajuan pinjaman online. 

  • Tidak memberi kontak sembarangan 

Biasanya pinjaman online ilegal tersebut dapat berasal dari beberapa institusi yang kini telah menyebar melalui aplikasi yang bisa diunduh secara gratis baik dari Play Store dan App Store. Nah, untuk hal ini Anda harus hati-hati dan juga berhati-hati karena lembaga kredit ilegal ini akan meminta Anda untuk mengakses kontak yang Anda miliki di ponsel Anda. 

Secara umum, ada sejumlah aturan yang mewajibkan calon peminjam untuk bersedia berbagi kontak mereka dengan pemberi pinjaman sehingga mereka dapat mengakses kontak pinjaman mereka. Oleh karena itu, sebaiknya Anda curiga dan juga berhati-hati, karena tidak dapat disangkal bahwa perusahaan dapat menangkap Anda. Itu, tentu saja, akan dikenakan biaya.

  • Jangan meminjam dengan jumlah besar 

Penyedia layanan pinjaman akan dengan senang hati menawarkan penawaran hebat bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman dengan nilai nominal tinggi. Banyak orang  tergiur dengan penawaran menarik ini, apalagi pencairan dana pinjamannya yang mudah sekali dan relatif cepat. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman online, ada baiknya untuk menghindari pinjaman dengan jumlah tinggi. Anda juga harus berhati-hati untuk menghindari pinjaman dengan suku bunga tinggi yang akan membebani Anda di masa depan.

  • Cek ketentuan dan persyaratan 

Penyedia pinjaman ilegal sering memeras secara tidak langsung. Sebelum  melakukan pinjaman, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa dan membaca syarat dan pedoman dari penyedia layanan pinjaman. Jika manajer kredit meminta informasi pribadi yang tidak terkait dengan kredit, mereka harus membatalkan niat mereka dan menghindari manajer kredit. 

Anda harus selalu waspada dan berhati-hati saat mengajukan pinjaman online. Anda harus memilih dengan bijak  penyedia layanan pinjaman mana yang terbaik untuk Anda. Untuk menghindari pinjaman ilegal, Anda dapat memeriksa lebih dari dua kali untuk mengetahui dengan jelas tentang penyedia layanan pinjaman yang Anda gunakan.

Pastikan pula bahwa pinjaman tersebut terdaftar dan diawasi oleh OJK, seperti misalnya Tunaiku, produk dari Bank Amar. Sebelum mengajukan pinjaman, Anda bisa mengecek cek simulasi Tunaiku di situs resmi atau aplikasinya.