Keuangan

Mengetahui Dasar-Dasar dalam Pengelolaan Finansial Pribadi

Aspek finansial merupakan salah satu hal yang tidak akan terlepas dalam kehidupan kita sebagai manusia, aspek finansial ini memang sangat penting untuk dipahami dan dimengerti. Terutama aspek finansial pribadi ini, telah menjadi masalah yang krusial dikarenakan aspek finansial ini sangat berguna bagi kehidupan Anda. 

Meski Anda tidak memahami secara menyeluruh mengenai masalah finansial pribadi ini, sebaiknya Anda mencoba untuk memahami finansial secara dasar. Hal ini juga akan berkaitan dengan pemahaman seseorang mengenai pengaturan kondisi keuangan pribadi, berikut adalah beberapa penjelasan mengenai pengelolaan Finansial Pribadi.

Dasar-Dasar dalam Pengelolaan Finansial Pribadi

1. Belajar Membuat Anggaran

Hal yang pertama yang sebaiknya Anda lakukan yaitu belajar untuk membuat anggaran dan menghitung setiap rupiah keuangan yang dimiliki. Kemudian menentukan dengan bijak mengenai banyak uang yang akan diinvestasikan dan dihemat setiap bulannya.

Mencatat setiap pengeluaran yang akan dikeluarkan dan pemasukan yang didapatkan dalam buku anggaran bulanan. Hal ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dengan membutuhkan komitmen yang tinggi dan sangat efektif.  

2. Menghindari Penggunaan Kartu Kredit yang Berlebihan

Agar masalah finansial pribadi Anda dapat lebih baik maka sebaiknya memiliki jumlah minimum pada kartu kredit dan mengukuhkan semua hutang pada satu kartu. Ketika melunasi kartu kredit setiap bulannya sebaiknya tepat pada waktunya sehingga menghilangkan biaya keterlambatan dan tidak membayar bunga. 

Mengusahakan membayar hutang kartu kredit sebelum membayar hutang lainnya, hal ini dikarenakan pinjaman kartu kredit memiliki tingkat suku bunga yang cenderung besar dan selalu mengalami lonjakan.

pengelolaan Finansial Pribadi

3. Membeli Barang yang Berkualitas

Membeli barang yang berkualitas ketika Anda mampu membelinya tidak ada salahnya untuk dilakukan karena barang yang memiliki kualitas baik tidak selalu memiliki harga yang mahal. Walaupun kebanyakan barang yang berkualitas dijual dengan harga tinggi karena kualitas suatu barang akan sebanding dengan harganya. 

Untuk mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga murah dapat meringankan permasalahan finansial Anda. Jika Anda membeli barang dengan kualitas tinggi akan lebih awet dan lebih tahan lama sehingga dapat menghemat pengeluaran Anda.

4. Belajar dan Melakukan Investasi

Belajar dan melakukan investasi ini bisa Anda lakukan ketika masih muda dan tidak perlu menunggu hingga tua. Ketika melakukan investasi, mungkin Anda tidak langsung mendapatkan manfaatnya saat ini melainkan di kemudian hari Anda akan dapat merasakan manfaat dari sesuatu yang telah diinvestasikan pada masa lalu. 

Terdapat banyak hal yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi dan ketika investasi tidak harus selalu menggunakan uang. Anda dapat berinvestasi dengan menggunakan emas dan banyak orang yang tertarik untuk menjadikan emas sebagai barang investasi untuk masa depan.

5. Melakukan Penghematan Uang

Sebanyak apapun jumlah uang yang Anda miliki tidak akan pernah cukup jika Anda menjalani gaya hidup yang konsumtif dan selalu mengikuti tren masa kini. Sebaiknya jangan membuang uang Anda hanya untuk membuat orang lain terkesan melihat kehidupan Anda.

Hal tersebut tidak akan memiliki manfaat dan hanya akan merugikan Anda di masa yang akan datang karena hidup boros akan membawa Anda pada kesengsaraan. Orang yang saat ini kaya dan sukses yaitu orang-orang yang selalu memperhitungkan dalam membelanjakan uangnya dan tidak boros. 

6. Mengelola Finansial Pribadi

Permasalahan finansial pribadi hanya Anda yang dapat mengetahui hal yang menjadi kebutuhan dalam sehari-hari. Finansial pribadi yang akan Anda kelola tersebut merupakan milik pribadi dan orang lain tidak memiliki kewenangan untuk ikut campur dalam mengelola keuangan Anda. 

Selain itu, mereka juga tidak akan memperdulikan berapapun uang yang Anda miliki dan dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

7. Mengurangi Frekuensi Layanan yang Dapat Ditangani Sendiri

Mengurangi frekuensi beberapa layanan rumah tangga yang biasa Anda gunakan seperti layanan pemeliharaan taman, pembersihan rumah, pencucian pakaian, pencucian kendaraan dan lain-lainnya. 

Mengurangi frekuensi dari beberapa layanan tersebut dapat menghemat uang Anda hingga ratusan ribu. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda untuk menangani kegiatan rumah tangga semuanya seorang diri selama Anda mampu.

Demikian penjelasan mengenai dasar-dasar dalam pengelolaan finansial pribadi yang dapat digunakan mengelola keuangan Anda dengan baik. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dan bermanfaat untuk pembaca.