Tips and Trick

Berikut Tips Jitu buat Kamu yang Berniat Membangun Rumah dari Nol

Sekarang sudah banyak dibuat perumahan yang siap huni. Walaupun begitu, masih banyak orang yang ingin membangun rumah dari nol sendiri. Terdapat berbagai alasan, namun alasan yang paling banyak yaitu sebab mereka dapat mendesain sendiri rumahnya sesuai keinginan. 

Tetapi, membangun rumah dari nol tidaklah menjadi hal yang murah dan mudah. Belum pula kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi dan harganya selalu naik. Bahkan banyak pula yang terjebak, yang awalnya ingin berhemat justru menjerit sebab biaya pembangunan rumah yang sangat besar dan dana nya tidak mencukupi. 

Bukan hanya biaya saja, membangun rumah dari nol juga memerlukan waktu yang sangat lama. Sehingga, terpaksa Anda harus sabar untuk segera menempatinya. Keinginan membangun rumah dari nol kerap kali dihadapkan dengan kendala keuangan. Memang perlu diakui jika pembangunan rumah memerlukan dana yang sangat besar. 

Tetapi, tidak berarti rumah yang dibangun dari nom harus selalu mahal. Apabila Anda mengetahui tipsnya, maka membangun rumah dari nol dengan biaya yang murah dapat diwujudkan. Nah, apa saja tipsnya? Mari simak bersama-sama di bawah ini. 

Buat perencanaan 

Untuk langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu merencanakan pembangunan rumah tersebut mulai dari ukurang bangunan, biaya, sampai target waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut. Rencana ini nantinya berguna menjadi pengendali kemungkinan adanya penyimpangan saat tahap pembangunan sedang berlangsung. 

Apabila kenyataannya pembangunan rumah tersebut melenceng dari rencana Anda, pastinya akan berdampak ke biaya yang perlu Anda keluarkan. Misalnya, pembangunan yang lama, tentu saja akan mengeluarkan biaya lebih untuk tukang. 

Oleh sebab itu, Anda harus memilih pemborong atau tukang profesional yang memang ahli dalam bidang ini, sehingga sanggup mengerjakan pembangunan rumah sesuai seperti yang Anda rencanakan. 

Pakailah desain minimalis 

Rumah dengan gaya minimalis sekarang sedang hits untuk membangun perumahan rakyat atau untuk membangun rumah sendiri. Lalu, desain tersebut juga bisa dikatakan sangat efisien untuk pemakaian bahan bangunan tetapi tetap memiliki kesan mewah dan modern. 

Sesuai seperti desain minimalisnya, maka rumah tipe ini bisa menghemat rumah sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak bahan bangunan. Untuk mendapatkan desain rumah minimalis ini, Anda tidak harus mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa arsitek sebab Anda bisa mendapatkan referensinya dari internet. 

 Berikut Tips Jitu buat Kamu yang Berniat Membangun Rumah dari Nol

Tentukan bentuk rumahnya 

Bentuk rumah sangat mempengaruhi tingkat kesulitan pembangunan dan juga kebutuhan akan bahan bangunannya. Rumah dengan bentuk persegi panjang atau persegi biasa tentunya sangat mudah dibuat dan lebih menghemat biaya daripada rumah dengan bentuk segitiga atau yang lainnya. 

Biasanya, untuk membangun beberapa lengkungan atau sudut akan menyisakan cukup banyak material bangunan yang sia-sia. Selain itu, tingkat kesulitan di bangunan yang melengkung atau bersudut pun lebih tinggi sehingga memiliki resiko bentuk bangunannya tidak sempurna. Tentu untuk membenarkannya akan memerlukan biaya dan waktu. 

Riset harga 

Harga bahan bangunan setiap tahun semakin tinggi dan menjadi sebuah penyebab yang perlu Anda pertimbangkan dengan matang. Masih banyak orang yang mengurungkan niat untuk membangun rumah sebab harga bahan materialnya yang sangat mahal. 

Untuk itu, supaya kebutuhan dana untuk membangun dapat Anda perkirakan, maka cobalah untuk meriset harga bahan bangunan di beberapa toko. Tidak perlu malu atau ragu untuk bertanya ke beberapa toko bangunan untuk menanyakan harga bahan material yang Anda butuhkan. 

Tanyakan harga besi, batu bata, pasir, semen dan lainnya. Sangat penting untuk membandingkan harga tersebut sebab pada masing-masing toko selalu memiliki harganya sendiri. Dengan begitu, Anda dapat memilih bahan material yang murah dengan kualitas yang bagus. 

Selektif memilih pemborong atau tukang 

Membangun rumah dari nol tidak berarti juga Anda yang membuatnya sendiri, namun Anda memerlukan jasa tukang atau pemborong yang menjadi pelaksana pembangunan. Merekalah yang akan membuat seluruh bagan material dan membuat hasil akhirnya berbentuk rumah yang Anda inginkan. 

Mengingat sangat pentingnya peran tukang dalam hal ini, tidak heran bila biaya untuk membayar pemborong atau tukang bisa membuat kantong Anda terkuras. Oleh karena itu, Anda perlu selektif saat memilih tukang. Pilihlah tukang yang memang ahli pada bidang ini dan mempunyai track record yang baik. Hal tersebut sangat penting sebab bagus tidaknya kinerja dari pemborong atau tukang tersebut bisa mempengaruhi efisiensi tahap pembangunan rumah Anda. 

Bangun secara bertahap 

Untuk mulai membangunnya, pada umumnya Anda tidak perlu menunggu hingga biaya mencukupi seluruh bagian dari rumah tersebut. Anda dapat mulai dengan perlahan-lahan. Mulai dari pondasi, membuat bangunan, sampai pemasangan atap dilakukan sesuai dengan budget yang dimiliki. 

Nah, itu tadi tips jitu untuk Anda yang berniat membangun rumah dari nol. Dengan membaca ulasan di atas semoga bisa membantu Anda yang masih kebingungan saat ingin membangun rumah.