personal

Cara Menolak Tawaran Pekerjaan yang Sopan

Sesudah mengirim surat lamaran kerja dan melakukan wawancara di beberapa perusahaan, akhirnya ada diterima di salah satu perusahaan. Tentunya Anda merasa senang, bukan? Namun tunggu dulu, ada belum pasti langsung menerimanya, bukan?

Terkadang tawaran tersebut tidak sesuai dengan yang anda inginkan, mungkin saja anda ditawari posisi yang kurang disukai. Atau bisa juga penawaran gaji kurang sesuai dengan ekspektasi anda.

Banyak sekali pertimbangan yang wajib anda pikirkan sebelum menerima tawaran dari sebuah perusahaan. Tidak jarang pula, sesudah memikirkan dengan matang serta mempertimbangkan semua hal tersebut, anda merasa tidak dapat menerima pekerjaan di perusahaan tersebut.

Walaupun anda menolak, Anda harus tetap sopan karena menjaga reputasi yang anda miliki. Oleh karena itu, anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk menolak penawaran dari perusahaan dengan berkelas dan sopan.

1. Sampaikan segera bila ingin menolak

Memang benar jika Anda harus mempertimbangkan setiap penawaran kerja yang datang. Tidak hanya sekali saja, Anda harus melakukannya berkali-kali. Siapa tahu anda menolak hanya karena ketika itu sedang badmood. Namun jika anda memang telah yakin menolak, langsung saja sampaikan pada perusahaan yang telah memberikan tawaran.

Jangan pernah membiarkan mereka menunggu anda yang tidak asti dan jangan pula membuang buang waktu mereka. Apabila anda memang tidak dapat bergabung dengan perusahaan, maka mereka pun harus mencari orang lain. Segeralah sampaikan keputusan Anda, Langkah ini juga mempermudah Anda untuk mengambil Langkah berikutnya.

2. Jangan lupa ucapkan terima kasih

Hal selanjutnya yang tidak boleh Anda lupakan yaitu berterima kasih kepada perusahaan yang telah memberi tawaran pekerjaan kepada Anda. Karena proses Rekrutmen tidak hanya duduk saja, bertanya dan mengirim email. Perusahaan sebelumnya harus membaca CV Anda dan CV ratusan pelamar lainnya.

Tidak hanya itu saja, tim HR deh pun dapat pula mencari akun sosial media yang anda dan para pelamar miliki. Sesudah dianggap anda memenuhi syarat, maka ada langsung dipanggil untuk melakukan wawancara.

Jangan pernah anda pikir bila wawancara adalah hal yang mudah sebab hanya bertanya saja. Terkadang Tim Hr pun harus menghabiskan banyak waktu untuk menyeleksi para kandidat. Bayangkan saja, seharian duduk untuk menyeleksi kandidat dan menanyakan hal yang sama serta mendapatkan jawaban yang sama. Melelahkan bukan?

Jadi meskipun Anda harus menolak, maka jangan lupa sampaikan ucapan terima kasih untuk waktu dan kesempatan yang telah perusahaan berikan ketika sesi wawancara. Serta tidak lupa untuk berterima kasih atas kesempatan yang telah mereka berikan untuk anda bisa bergabung dengan perusahaan.

3. Berikan alasan yang jelas

Jangan pernah anda menolak pekerjaan tanpa alasan yang jelas. Jangan membuat mereka bertanya tanya mengapa anda menolak tawaran perusahaan, padahal anda telah melamar. Oleh karena itu, sampaikan alasan Anda secara jelas dan logis. Misalnya, anda telah mendapatkan pekerjaan di perusahaan lain tahu bisa juga memberi alasan kurang suka dengan posisi yang diberikan.

4. Berikan alasan yang jujur dan singkat

Cara untuk menolak penawaran pekerjaan yang sudah diberikan yaitu dengan berikan alasan yang jujur dan juga singkat. Jangan menceritakan pula alasan Anda dalam empat paragraf. Apabila anda berminat dengan posisi yang telah ditawarkan namun gaji yang diberikan tidak sesuai dengan ekspektasi anda, maka sampaikan saja hal tersebut. 

Kemungkinan mereka bisa memberi penawaran gaji lainnya untuk anda. Atau bisa juga referensi untuk mereka guna menemukan kandidat baru. Apabila anda merasa potensi Anda untuk posisi yang ditawarkan kurang, maka sampaikan saja hal tersebut. Ini Anda dapat juga merekomendasikan orang lain yang ada rasa lebih ahli di bidang yang ditawarkan.

5. Berikan alasan mengapa Anda menyukai perusahaan tersebut

Sampaikan pula hal hal yang membuat anda berminat untuk bergabung dengan mereka. Dan informasi menarik yang anda peroleh ketika sesi wawancara. Sampaikan hal tersebut secara jelas dan terang jika walau awalnya posisi yang ditawarkan sangat menarik untuk anda, dan Anda ingin bergabung, tetapi ada sejumlah hal yang akhirnya menjadikan Anda untuk menolak hal tersebut. 

Perhatikan jika keputusan yang anda ambil ini sangat berat, namun adalah hal yang sangat baik untuk anda dan juga perusahaan. Dengan memberikan alasan ketertarikan Anda untuk bergabung dengan perusahaan, anda bisa menjadikan mereka merasa tidak menyesal telah meluangkan waktu untuk mewawancarai Anda.

6. Menolak dengan sopan

Menolak penawaran kerja tidaklah berarti hubungan kalian telah selesai. Dunia pekerjaan merupakan dunia yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Kemungkinan di lain waktu perusahaan yang Anda tolak mengadakan Kerjasama dengan perusahaan yang telah Anda pilih. 

Kemungkinan pada kesempatan lainnya pula perusahaan yang telah Anda tolak, membuka lowongan dengan posisi yang anda inginkan. Sebab kita tidak akan tahu apapun hal yang aku bisa terjadi di masa depan nanti.