Sera Serbi

Kata Healing jadi Trend, Apa Sih Maknanya buat Pekerja Kantoran?

Arti kata healing sebenarnya berhubungan dengan kesehatan mental. Kata tersebut pun sangat trend di sosial media belakangan ini. Lalu, apakah Anda sudah tahu arti sebenarnya dari healing? 

Pengguna sosial media pastinya sangat tidak asing lagi dengan kata ini. Karena sekarang kata tersebut banyak dipakai pengguna sosial media yang mempunyai makna penyembuhan diri. Nah, penyembuhan diri ini maksudnya dapat disebabkan oleh sejumlah hal termasuk untuk kejadian buruk yang ada di masa lalu. 

Selain itu, arti healing juga selalu dihubungkan dengan tahap penyembuhan diri yang berguna untuk memperoleh ketenangan jiwa dan batin. Oleh sebab itu, Anda mungkin pernah melihat postingan di media sosial dengan tema liburan untuk healing. 

Nah, tempat kerja menjadi sebuah alasan mengapa banyak pekerja mengalami stres atau biasa dikenal dengan stres kerja. Tak heran hal tersebut terjadi sebab di tempat kerja tersebut para karyawan dihadapkan oleh berbagai tekanan dan tuntutan. Ada pula, masalah dengan rekan kerja yang kemungkinan membuat stres bertambah. 

Dengan seluruh tanggung jawab yang sangat besar dan masalah pribadi yang dialami menjadikan pekerja stres sehingga bisa mempengaruhi kinerja nya. Dengan begitu produktivitasnya dapat menurun sangat drastis. Oleh sebab itu, para pekerja perlu memahami ilmu manajemen stres demi membantunya mengatasi stress serta tetap mempunyai kinerja dengan baik di kantor. 

Salah satu cara yang bisa membantu pekerja mempunyai ilmu manage stress yaitu dari pelatihan. Tentu saja Anda harus paham cara healing untuk memanage stres dengan baik. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Cara Healing dengan Benar 

  • Ketahui penyebab stres 

Terkadang stres yang terdapat di dalam diri Anda tidak diketahui dengan pasti apa penyebabnya hingga akhirnya Anda mencari tahu sendiri penyebab dari stres tersebut. Stres dapat datang bukan hanya dari kesedihan dan overthinking saja tetapi karena ada rasa lelah yang berkepanjangan, nafsu makan mengurang hingga mudah marah. 

Apabila Anda pernah merasakan hal seperti itu, kemungkinan Anda stres dan butuh healing. Sebab apabila dibiarkan saja, stres tersebut bisa membawa dampak yang tidak bagus untuk tubuh Anda, kehidupan sosial hingga kehidupan pribadi serta fatalnya bisa mengganggu pekerjaan Anda. 

Anda harus segera sadar jika ada yang tidak benar dan berbeda di dalam diri Anda. Untuk mendapatkan jawabannya yaitu Anda perlu menelusuri pikiran Anda sendiri, cari apa yang menyebabkan Anda seperti itu, lalu Anda dapat mencari solusi untuk masalah itu. Dengan mengetahui penyebab stres ini dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan solusi. 

Kata Healing jadi Trend, Apa Sih Maknanya buat Pekerja Kantoran?

  • Prioritaskan pikiran 

Tidak seluruh hal dapat Anda pikirkan secara terus menerus, hal tersebut hanya akan menjadikan Anda terbebani dan mudah lelah. Bagaimana ingin mencari atau mendapatkan solusi bila Anda hanya berkutat dengan masalah itu tanpa adanya tindakan. 

Masuk dalam dunia pekerjaan terdapat banyak hal yang sangat penting untuk Anda pikirkan, ada baiknya Anda mulai menyortir lagi hal-hal yang tidak penting dipikirkan, seperti Anda tidak akan dapat mengatur perkataan dan pikiran orang lain tetapi Anda perlu mengetahui cara untuk menyikapinya. 

Anda harus bisa memprioritaskan mana yang perlu dipikirkan untuk saat ini atau tidak harus dipikirkannya sama sekali. Biasakanlah hal tersebut sehingga bisa membuat hidup Anda lebih nyaman sebab tidak seluruh hal harus dipikirkan.

  • Komunikasi 

Anda harus tahu jika cara untuk menyelesaikan masalah yaitu dengan mengkomunikasikannya. Tentu saja manajemen stress yang sangat efektif untuk orang yang sedang memiliki masalah dengan teman kerja yaitu dengan membicarakan masalah yang sedang dialami. 

Selain itu, bisa juga mengkomunikasikan masalah tersebut dengan orang lain yang Anda anggap dapat menjadi pendengar yang baik. Dengan demikian, Anda akan mempunyai sudut pandang lain saat melihat masalah yang sedang terjadi. 

  • Melampiaskan stress 

Memendam stres atau unek-unek di hati, tidak bagus untuk Anda. Memendam masalah tersebut justru menimbulkan masalah baru, kemungkinan juga dapat menjadi bom emosi yang bisa kapan saja meledak. Memendam juga tidak bisa menyelesaikan masalah Anda dan hanya menumpuknya saja. 

Selain itu, Anda juga akan merasa terbebani dengan masalah tersebut. Terdapat sejumlah cara yang bisa menghindar Anda dari memendam masalah yaitu bercerita, melukis, menggambar, menulis diary, dan menangis. 

Melampiaskan masalah Anda bisa jauh lebih baik dibandingkan dengan memendamnya sendirian, cara tersebut dapat Anda gunakan agar bisa menjadi lebih baik. Sehingga stres dapat dilampiaskan dan Anda dapat merasa lebih baik. 

  • Dekatkan diri dengan Tuhan 

Salah satu cara healing agar Anda merasa tenang yaitu dengan dekatkan diri dengan sang pencipta. Berbagai hal spiritual misalnya beribadah dan berdoa menjadi self healing yang dapat mengendalikan emosi Anda. Dengan Anda berserah diri dan meyakini jika ada jalan dapat membuat Anda bisa lebih tenang untuk menjalani hidup. 

Itu tadi ulasan tentang makna healing dan cara healing yang benar untuk para pekerja yang sedang stres karena pekerjaan maupun hal lainnya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan berguna untuk Anda, ya!