personal

Manfaat Renang Bagi Bayi Usia Di Bawah Lima Tahun

Saat bayi Anda belum waktunya untuk berjalan, mungkin beberapa orang bertanya tanya saat Anda ingin membawa si kecil les berenang. Tetapi nyatanya terdapat banyak manfaat jika Anda mengikuti nya les renang. Karena di dalam air kecil akan bergerak serta melibatkan seluruh bagian tubuhnya agar ikut bergerak.

Jadi, tujuh bayi dapat menciptakan jutaan nurun baru ketika ia sedang meluncur, bermain cipratan air dan menendang. Namun, harus Anda ingat, jangan membawa si kecil yang belum berumur enam bulan untuk berenang di tempat umum, ya. Sebab sistem kekebalan dari tubuhnya masih sangat rentan dan klorin yang ada di dalam kolam tidak baik untuk bayi. 

Lalu apa saja manfaat renang untuk perkembangan si kecil? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan keseimbangan

Manfaat berenang pertama yang bisa didapatkan oleh si kecil yaitu meningkatkan keseimbangannya. Dengan berenang sih kecil dapat terbantu untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi nya.

Ketika berenang juga, tubuh si kecil berada di dalam kolam, sehingga fokus utamanya yaitu menjaga keseimbangan. Dia kini, si kecil yang sering anda ajak berenang maka sejak kecil memiliki keseimbangan yang bagus ketika dapat berjalan nantinya.

2. Fungsi kognitif meningkat

Lainnya perkembangan kecil dari berenang yaitu fungsi kognitif akan meningkat. Saat berenang, tubuhnya akan melakukan bergerak lintas pola bilateral, itu memakai kedua Sisi tubuhnya guna melakukan sebuah Tindakan sehingga otak bayi dapat berkembang dengan lebih baik.

Gerakan tersebut juga dapat diciptakannya orang di seluruh bagian otak, khususnya pada corpus callosum. Di bagian otak tersebut memfasilitasi feedback, komunikasi, serta modulasi antar sisi. Dapat dikatakan, berenang dapat meningkatkan kesadaran Spasial, pembelajaran Akademi, perkembangan Bahasa, dan kemampuan membaca.

3. Fisik dan mentalnya berkembang sangat baik

Manfaat berenang berikutnya untuk perkembangan si kecil yaitu meningkatkan perkembangan dari mental dan fisik nya. Anak anak yang telah berenang sedari kecil mempunyai kemajuan ada perkembangan mental dan fisik nya jika dibandingkan oleh teman lainnya yang tidak berenang.

4. Menguatkan fisik

Hal berikutnya yang harus anda ketahui untuk perkembangan si kecil yaitu menguatkan fisiknya. Bukan sekedar membantu perkembangan persendian dan otot si bayi saja, berenang pun dapat meningkatkan kekuatan paru-paru dan jantung serta mengembangkan otak bayi, lho. Oleh karena itu, berenang ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk perkembangan si kecil.

5. Meminimalisir resiko tenggelam

Meminimalisir resiko tenggelam pada bayi merupakan manfaat berenang untuk tumbuh kembang si kecil selanjutnya. Menurut AAP (American Academy of Pediatrics), tenggelam merupakan faktor utama kematian di antara balita dan anak anak. Belajar renang dapat meminimalisir resiko tersebut untuk anak yang berusia satu hingga empat tahun. 

Tetapi harus anda ketahui pula untuk anak yang usianya di bawah satu tahun harus tetap diawasi oleh orang tua ketika sedang berenang, walaupun telah mengambil les renang.

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Meningkatkan kepercayaan diri juga menjadi salah satu manfaat bisa didapatkan oleh si kecil yang dari berenang. Beberapa kelas berenang untuk bayi melibatkan elemen misalnya lagu, kontak fisik dengan instruktur atau orang tua dan permainan air.

Bayi dapat berinteraksi dengan teman lainnya yang berada di kolam dan juga mulai belajar untuk berkelompok. Dengan ditambahkan pula untuk mempelajari skill baru, hingga kepercayaan diri si bayi meningkat. 

Selain itu, anak anak yang usianya empat tahun dan telah bisa belajar renang di umur 2 bulan hingga 4 tahun dapat lebih baik untuk beradaptasi pada situasi baru, lebih mandiri, dan lebih percaya diri dibandingkan dengan lainnya yang tidak mengikuti renang .

7. Memperbaiki waktu tidur

Manfaat lainnya dari berenang untuk tumbuh kembang memperbaiki waktu tidur. Bermain di dalam kolam renang akan menghabiskan banyak energi si kecil. Seluruh kegiatan ekstra tersebut dapat membuat bayi menjadi lebih cepat mengantuk sesudah melakukan aktivitas tersebut. Jadwalkan waktu berenangnya sesuai jam tidurnya.

8. Nafsu makan menjadi meningkat

Manfaat berenang untuk tumbuh kembang si bayi yang terakhir yaitu dapat meningkatkan nafsu makannya. Menjadi orang dewasa saja ketika sesudah berenang kita tentunya merasa lapar. Hal yang sama juga dirasakan oleh para bayi. Seluruh kegiatan di kolam renang memerlukan banyak kalori dan energi, sehingga nafsu makan mereka dapat meningkat jika waktu berenang nya teratur dan rutin.

Itu tadi beberapa bank di kecil. Harus Anda ingat, setiap anak umur berapa saja ketika berada dalam kolam renang tetap harus Anda Awasi walaupun ia telah belajar renang. Hal tersebut pastinya guna mengurangi resiko bahaya yang dapat terjadi sewaktu waktu dalam kolam. Semoga informasi di atas berguna untuk Anda, ya!