Sera Serbi

Mengembangkan Personal Branding lewat Instagram

Personal branding merupakan sebuah upaya sadar dan disengaja guna menciptakan serta mempengaruhi persepsi publik mengenai seseorang, memposisikan mereka sebagai otoritas  di dalam industri, meningkatkan kredibilitas dan juga membedakan diri mereka dari kompetisi.

Pada akhirnya memajukan karir mereka, memperluas lingkup pengaruh, memperbesar dan memiliki efek yang lebih besar. Dalam istilah yang lebih simple dan lebih ringkas, personal branding merupakan sesuatu yang membedakan Anda dengan orang lain di satu industri yang sama.

Lalu apa hubungannya dengan Instagram? Karena sekarang ini Instagram menjadi platform sosial media terpopuler kedua setelah Facebook dan para influencer dari berbagai industri berbondong-bondong membangun followers di media sosial dan tak terkecuali Instagram.  

Instagram sekarang memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, jadi tidak mungkin  influencer menggantikan mereka di sini. Tetapi bagaimana Anda menonjol di antara miliaran orang itu dan masih diingat oleh  pengikut? Menciptakan personal branding. Berikut dibawah ini adalah cara untuk mengembangkan personal branding Anda.

Berikan informasi pada bio secara jelas

Bio merupakan salah satu hal penting yang perlu diisi secara jelas, singkat sera tidak bertele-tele, bila Anda memang ingin membangun personal branding. Katakanlah Anda seorang travel influencer, namun sebenarnya sudah ada banyak travel influencer yang lebih dulu dari Anda dan  terkenal.

Jadi, buatlah bio yang jelas yang menggambarkan industri apa yang Anda geluti, apa yang membuat Anda menonjol, dan gunakan hastag khusus atau bermerek jika diperlukan. Dengan begitu orang-orang tau followers Anda akan lebih mudah mengenali dan ikut mempromosikan diri Anda.

Terapkanlah terlebih dahulu konsep dari konten yang akan dibuat

Semua influencer di Instagram melakukan itu, Anda tidak bisa hanya bergabung dengan Instagram dan mengunggah apa pun yang Anda inginkan. Sebaliknya, Anda harus hati-hati mempersiapkan atau membuat konsep  konten Anda sebelum Anda memulai eksekusi.

Bingung bagaimana memulainya? Anda dapat melihat profil akun yang berada di industri yang sama dan melihat bagaimana mereka membuat dan mencocokkan konten yang mereka buat. Pelajari bagaimana mereka berinteraksi dengan pengikut dan cari tahu halaman mana yang akan diterapkan ke akun Anda sendiri.

Konsistenlah dalam menentukan tema

Perlu Anda ketahui bahwa jika Anda membuat tema untuk foto dan video yang Anda unggah dan melakukannya secara konsisten, Anda bisa tampil beda di Instagram. Contoh topik untuk dijelajahi di Instagram misalnya, hitam putih, monokrom, warna-warni. Lakukan secara konsisten sampai orang melihatnya. Jika sudah dilakukan, optimalkan sisi lain dari akun Instagram Anda.

Mengembangkan Personal Branding lewat Instagram

Berinteraksilah dengan followes Anda

Anda tentu tidak ingin dianggap sombong di media sosial, khususnya Instagram. Jika salah satu pengikut Anda mengomentari kiriman Anda, balas secepat mungkin untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dengan interaksi mereka.  Interaksi dengan pengikut tidak hanya terjadi di umpan. Instagram Stories memiliki cukup banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi langsung dengan followers seperti, stiker, kuis, survei, dll.

Berkolaborasi dengan pengguna lain yang lebih terkenal

Kolaborasi merupakan  cara lain yang bisa dibilang efektif untuk memberi tahu lebih banyak orang tentang Anda. Dengan bekerja dengan influencer yang berada di industri yang sama dengan Anda, Anda pasti akan menarik audiens baru, lalu lintas, keterlibatan, dan jangkauan  yang mungkin berada di luar target pasar Anda. Berkolaborasi secara aktif dan teratur, memunculkan topik atau masalah baru untuk membuat audiens umum merasa terhubung.

Share kegiatan yang dilakukan secara berkala

Jika Anda ahli dalam bidang seperti kecantikan, pastikan untuk membagikan tips kecantikan dengan pengikut Anda secara teratur. Dari sini, Anda bisa melihat mana yang senang dengan konten Anda dan mana yang hanya  penasaran. 

Bagikan hal-hal penting tentang bidang Anda dari perspektif yang unik dan segar agar audiens tidak  bosan. Anda juga dapat berkolaborasi dalam hal ini dengan mengundang para ahli yang sebelumnya telah bekerja di bidang yang sama.

Menjadi diri sendiri

Salah satu hal terpenting yang harus dipahami saat membangun merek pribadi adalah memastikan Anda jujur ​​pada diri sendiri dan bukan pada orang lain. Mengapa? Karena ketika Anda menjadi diri sendiri, Anda tidak akan merasa kewalahan ketika harus berbagi konten berdasarkan apa yang Anda kuasai, pahami, dan sadari.  

Mencoba meniru orang lain mungkin tampak keren pada awalnya. Namun, lama kelamaan, Anda akan mulai merasa ada yang tidak beres dengan hal tersebut. Kenyamanan merupakan suatu yang penting saat membuat personal branding, jadi pastikan Anda merasa nyaman dengan merek yang jujur ​​dan asli.

Kesimpulan

Tidak ada hal hebat yang langsung terjadi, bahkan ketika membangun merek pribadi. Membangun merek pribadi akan memakan waktu lama dan bisa bertahan sepanjang sisa karir Anda.  Sepanjang jalan membangun merek pribadi, Anda juga akan mengalami pasang surut, mencari tahu konten apa yang berhasil dan apa yang tidak. Selalu lakukan  trial and error dan lihat mana yang  paling cocok untuk Anda.